Perkembangan KA

6 10 2011

15 Dzulqo’adah 1432

Khutbatul ‘Arsy di pondok ini sudah berlangsung sejak lama. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang pondok. Bapak-bapak pimpinan pondok merasa perlu memberikan pemahaman lebih dalam kepada para santri terhadap pondoknya, agar tidak melenceng dari cita- cita pondok.
Pekan perkenalan itu sendiri pada saat ini mengalami perkaembangan bila dibandingkan dengan masa yang lalu. Dulu, pada tanggal 10 dzulqo’dah saja, seluruh rentetan acara khutbatul ‘arsy sudah berakhir. Dan kegiatan belajar mengajar benar-benar dapat aktif dan stabil lebih cepat. Hal itu dikarenakan jumlah santri masih berkisar seribu-an. Sehingga pengaturan acara, durasi waktunya, tidaklah panjang. Dulu, upacara khutbatul ‘arsy hanya dilaksanakan di depan BPPM, karena sudah cukup menampung orang seribu. Dan pawainya juga tidak terlalu jauh. Pukul 9 pagi, upacara beserta pawainya sudah selesai, dan dilanjutkan dengan kuliah umum tentang kepondokmodernan oleh Direktur KMI, KH. Imam Zarkasyi. Beliau menyampaikan pidato tentang pondok, selama 3 hari 3 malam. Sementara KH. Ahmad Sahal, berbicara singkat untuk membuka acara, selaku bapak pengasuh pondok, sekitar 15 menit.
Walaupun singkat dan selesai lebih cepat, semua penjelasan bapak-bapak pimpinan ketika itu sangat detail dan mendalam. Sehingga para santri dapat memahami dengan baik. Semoga hari ini, dan hari-hari mendatang sunnah-sunnah pondok yang sedemikian rupa dapat terjaga.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: